Pengertian Servis Pada Permainan Bola Voli

Pengertian Servis Pada Permainan Bola Voli | Kampus PJOK - Permainan bola voli merupakan salah satu olahraga yang memerlukan kekompakan dalam Tim. Permainan yang melibatkan 6 orang pemain ini, membutuhkan skill yang optimalnya dikuasai oleh masing-masing pemain.

Karena setiap pemain ini memiliki peranan yang sangat penting untuk mencapai hasil yang memuaskan yaitu menjadi tim pemenang dalam pertandingan. Salah satu teknik yang harus dikuasai oleh pemain bola voli adalah teknik servis.

Namun Sobat, sebelum kita mengenal teknik servis dalam voli ini, kali ini kita akan mengenal pengertian servis dalam voli dan macam-macam service yang ada.

Pengertian Service Pada Permainan Bola Voli


Servis adalah tidakan awal yang dilakukan oleh salah satu pemain untuk memulai suatu permainan dalam bola voli. Walaupun pada dasarnya tindakan ini hanya sekedar untuk memulai sebuah permainan, akan tetapi hal itu bisa juga untuk melakukan serangan awal yang cepat dan mematikan.

Tak sedikit kita temui bahwa terkadang seorang pemain melakukan servis dengan sangat kuat, sehingga bola melaju secara cepat ke arah tim lawan dan tidak bisa dibendung yang mengakibatkan bertambahnya jumlah poin pada tim.

Berikut ini beberapa pengertian servis menurut para ahli :

Aip Syarifuddin, Muhadi (1991: 187) servis atau sajian adalah pukulan permulaan yang dilakukan oleh pihak yang berhak melakukan servis untuk memulai menghidupkan bola ke dalam permainan atau tindakan untuk menghidupkan bola ke dalam permainan.

Nuril Ahmadi (207: 20) servis adalah suatu pukulan bola yang dilakukan dari belakang garis akhir lapangan permainan melampui net ke daerah lawan.

Lalu ada berapa macam teknik servis ?

Macam-macam servis pada permainan bola voli dibedakan menjadi 2 yaitu servis tangan atas dan servis tangan bawah. Akan tetapi servis tangan bawah ini terdiri dari 3 macam gaya, yaitu tennis servis, floating servis dan cekis.

Nah penasaran kan seperti apa teknik servis tersebut diatas? Silahkan Sobat kunjungi artikel : 4 Teknik Servis Bola Voli. Pada artikel tersebut akan membahas masing-masing teknik dan gerakan servis dan tentu saja dilengkapi dengan gambarnya.

Demikian Sobat Olahraga, Pengertian Servis pada permainan bola voli. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait