Ukuran Ruangan Tenis Meja Yang Harus Diketahui

Ukuran Ruangan Tenis Meja | Kampus PJOK - Tahukah Sobat bahwa ada beberapa olahraga yang tidak membutuhkan ruangan atau tempat khusus untuk melakukannya. Salah satunya adalah olahraga tenis meja. Namun demikian hal itu tidak selalu harus dilakukan, dalam artian tenis meja tidak harus dilakukan disembarang tempat. Pada event pertandingan, tenis meja bahkan membutuhkan ruangan dengan standar dan spesifikasi khusus. Pertandingan tenis meja berskala nasional dan internasional dilakukan dalam sebuah ruangan khusus untuk tenis meja. Pada kesempatan ini, kita akan mengetahui ukuran ruangan tenis meja beserta spesifikasinya, sebagai penambah wawasan bagi kita mengenai olahraga tenis meja ini.

Ukuran Ruangan Tenis Meja

Berikut ini adalah ukuran ruangan tenis meja minimum, yaitu ukuran ruangan untuk 1 lapang tenis meja. Ukuran ruangan tenis meja ini merupakan standar yang dipersyaratkan untuk sebuah pertandingan
  • World Championship / kejuaraan dunia : 14 m x  7 m
  • Pertandingan nasional : 12 m x 6 m
  • Liga Nasional : 10 m x 5 m
  • Permainan hiburan / pelatihan : 8,5 m x 4 m

 Pencahayaan dan Tinggi Plafon Ruangan Tenis Meja

Selain ukuran ruangan tenis meja, pencahayaan dan tinggi plafon / langit-langit ruangan tenis meja juga memiliki ukuran yang standar dalam pertandingan tenis meja bertaraf internasional. Ukuran atau standar pencahayaan dan tinggi plafon ruangan tenis meja tersebut adalah sebagai berikut :

Ukuran Ruangan Tenis Meja Yang Harus Diketahui

  • World Championships : 1000 lux, 5 m diatas lantai
  • Pertandingan internasional lainnya : 750 - 1000 lux, 4 m diatas lantai
  • Liga Nasional : 500 lux, 3 m diatas lantai
  • Pertandingan persahabatan / pelatihan : 300 lux, 3 m diatas lantai

Temperatur Ruangan Tenis Meja

Selain ukuran ruangan tenis meja, pencahayaan dan tinggi plafon, ternyata temperatur ruangan juga harus diperhatikan dalam pertandingan tenis meja ini. Berapakah temperatur ruangan tenis meja yang menjadi standar pertandingan? Masih dari www.allabouttabletennis.com diketahui bahwa suhu atau temperatur ruangan tenis meja antara 15-20 celcius. Bagaimana Sobat Olahraga, semoga artikel mengenai ukuran ruangan tenis meja tadi yang juga mencakup berbagai ukuran tenis meja untuk berbagai keperluan pertandingan baik internasional maupun nasional, pencahayaan dan tinggi plafon ruangan tenis meja, serta temperatur ruangan tenis meja, akan menjadi penambah wawasan kita semua khususnya dalam bidang tenis meja. Sampai berjumpa lagi pada artikel kami lainnya.  

Ref : http://www.allabouttabletennis.com/table-tennis-room-size.html

Artikel Terkait

This Is The Newest Post